perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya

Sahabat Onlineku, dalam artikel ini kita akan membahas tentang perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya. Pada tahun 2013, pemerintah Indonesia mengimplementasikan kebijakan baru dalam bidang pendidikan dengan diberlakukannya kurikulum 2013. Kurikulum ini memiliki perbedaan signifikan dengan kurikulum sebelumnya, baik dalam hal pendekatan pembelajaran maupun kontennya. Mari kita simak bersama-sama perbedaan-perbedaan tersebut dan kemungkinan dampak yang ditimbulkannya.

Pendahuluan

1. Tujuan Kurikulum

Adanya perbedaan tujuan antara kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh, sedangkan kurikulum sebelumnya lebih berfokus pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan. Dengan pendekatan yang lebih holistik, kurikulum 2013 diharapkan dapat melahirkan peserta didik yang kompeten dalam berbagai aspek kehidupan.

2. Pendekatan Pembelajaran

Perbedaan mendasar antara kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya terletak pada pendekatan pembelajarannya. Kurikulum 2013 mengedepankan pendekatan saintifik, yang mendorong siswa untuk aktif dalam mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan melalui proses berpikir kritis dan kreatif. Sementara itu, kurikulum sebelumnya lebih dominan menggunakan pendekatan konvensional, di mana guru lebih banyak memberikan pengetahuan kepada siswa secara langsung.

3. Beban Kurikulum

Perbedaan berikutnya terletak pada beban kurikulum. Kurikulum 2013 memiliki beban kurikulum yang lebih ringan dibandingkan kurikulum sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada kurikulum 2013, pemerintah memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk menyesuaikan pemilihan materi sesuai dengan kebutuhan daerah atau sekolah tersebut. Diharapkan dengan beban kurikulum yang lebih ringan, siswa memiliki waktu yang lebih luang untuk mengembangkan kreativitas dan minatnya di luar sekolah.

4. Penilaian

Perbedaan lainnya terdapat pada sistem penilaian. Pada kurikulum 2013, penilaian dilakukan secara holistik, meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sedangkan pada kurikulum sebelumnya, penilaian lebih fokus pada penguasaan materi dan penerapan konsep. Diharapkan dengan penilaian yang lebih komprehensif, dapat terlihat potensi siswa secara keseluruhan.

5. Penggunaan Teknologi

Kurikulum 2013 memiliki perbedaan signifikan dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum ini mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran yang efektif. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan buku elektronik, media pembelajaran online, dan penugasan berbasis teknologi dalam kurikulum 2013. Sedangkan pada kurikulum sebelumnya, penggunaan teknologi belum begitu masif.

6. Pembinaan Karakter

Salah satu perbedaan paling mencolok antara kurikulum 2013 dan kurikulum sebelumnya adalah adanya pembinaan karakter. Kurikulum 2013 memberi perhatian yang lebih besar terhadap pembinaan karakter siswa, seperti nilai-nilai kejujuran, disiplin, kebersihan, dan semangat berprestasi. Hal ini bertujuan untuk membentuk siswa yang memiliki kepribadian yang baik dan mampu beradaptasi dalam berbagai situasi.

7. Kurikulum Tematik

Kurikulum 2013 memperkenalkan konsep kurikulum tematik. Kurikulum ini memadukan beberapa mata pelajaran ke dalam satu tema yang terkait. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kebermanfaatan dan keterpaduan antara mata pelajaran. Dalam kurikulum sebelumnya, tidak ada konsep kurikulum tematik yang digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Sebelumnya

1. Kelebihan

Kelebihan dari perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah:

  • Lebih mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh dengan pendekatan saintifik.
  • Memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk menyesuaikan pemilihan materi.
  • Penilaian yang lebih komprehensif.
  • Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
  • Pembinaan karakter siswa yang lebih intensif.
  • Meningkatkan keterpaduan antara mata pelajaran melalui kurikulum tematik.

2. Kekurangan

Namun, perbedaan kurikulum 2013 juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Membutuhkan perubahan pola pikir dan peran guru yang lebih aktif.
  • Mungkin membutuhkan investasi yang lebih besar dalam pengadaan teknologi pembelajaran.
  • Pengembangan kurikulum tematik yang berkualitas memerlukan waktu dan sumber daya yang cukup.
  • Mungkin membutuhkan adaptasi lebih lanjut dari siswa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tabel: Perbandingan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Sebelumnya

Aspek Kurikulum 2013 Kurikulum Sebelumnya
Tujuan Menyeluruh Penguasaan pengetahuan dan keterampilan
Pendekatan Pembelajaran Saintifik Konvensional
Beban Kurikulum Ringan Berat
Penilaian Holistik Fokus pada penguasaan materi
Penggunaan Teknologi Masif Tidak begitu masif
Pembinaan Karakter Lebih intensif Kurang intensif
Kurikulum Tematik Ada Tidak ada

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan kurikulum 2013?

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2013. Kurikulum ini memiliki perbedaan signifikan dengan kurikulum sebelumnya dalam hal pendekatan pembelajaran dan konten yang disampaikan.

2. Mengapa perbedaan kurikulum 2013 penting untuk diketahui?

Perbedaan kurikulum 2013 penting diketahui agar kita memahami perubahan dalam dunia pendidikan dan dapat mengantisipasi dampak serta manfaatnya bagi peserta didik.

3. Apa saja kelebihan kurikulum 2013?

Kelebihan kurikulum 2013 antara lain pengembangan potensi peserta didik secara holistik, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dan pembinaan karakter siswa yang lebih intensif.

4. Apa saja kekurangan perbedaan kurikulum 2013?

Kekurangan perbedaan kurikulum 2013 antara lain membutuhkan perubahan pola pikir dan peran guru yang lebih aktif, serta memerlukan investasi yang lebih besar dalam pengadaan teknologi pembelajaran.

5. Bagaimana penilaian dalam kurikulum 2013?

Penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan secara holistik, meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa.

6. Apa yang dimaksud dengan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013?

Pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan yang mendorong siswa untuk aktif dalam mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan melalui proses berpikir kritis dan kreatif.

7. Bagaimana dampak penggunaan teknologi dalam kurikulum 2013?

Penggunaan teknologi dalam kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan membuka peluang akses pengetahuan yang lebih luas bagi siswa.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya memiliki dampak positif dan tantangan tersendiri. Kurikulum 2013 menawarkan pendekatan pembelajaran yang lebih holistik, pemanfaatan teknologi, dan pembinaan karakter siswa yang lebih intensif. Namun, perubahan ini juga membutuhkan adaptasi dan peran aktif dari guru serta investasi yang memadai dalam pengembangan kurikulum.

Dengan memahami perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya, kita dapat mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi perubahan dalam dunia pendidikan. Mari kita dukung bersama-sama implementasi kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang kompeten dan berkarakter.

Kata Penutup

Disclaimer: Artikel ini ditulis hanya untuk keperluan pembelajaran dan informasi. Isi artikel ini bukan merupakan nasihat profesional dalam bidang pendidikan. Untuk informasi lebih lanjut, disarankan untuk mengkonsultasikan langsung dengan ahli pendidikan atau pihak yang berkompeten.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Onlineku dalam memahami perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya. Mari kita terus belajar dan mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia. Terima kasih telah membaca artikel ini.